Monday, May 6, 2013

kerawitan



1.     Karawitan: musik Indonesia yang bersistem nada pentatonis (berlaras slendro dan pelog) yang tata garapnya telah menggunakan sistem notasi, warna suara, ritme, memiliki fungsi, sifat, patet (tangga nada), dan aturan aransmen berbentuk sajian instrumentalia (gamelan), vokal, dan atau campuran instrumen dan vokal, enak didengar untuk diri sendiri maupun orang lain (Suhastjarja, et.al., 1984/1985 : 2).

2.     Jenis-jenis karawitan
a.         Karawitan Mandiri       :    Uyon-uyon (lirihan dan soran)
Uyon-uyon lirihan: bentuk pergelaran karawitan dengan menggunakan instrumen gamelan secara utuh (instrumen ngajeng dan wingking) dengan disertai vokal.
Uyon-uyon soran: bentuk pergelaran karawitan dengan menggunakan sebagian instrumen gamelan (non instrumen ngajeng). Yang termasuk instrumen ngajeng adalah rebab, gender barung, gender penerus, gambang, siter/clempung, suling.
b.        Karawitan Iringan         :    tari, wayang, ketoprak, dsb.
Karawitan iringan tari, selanjutnya disebut karawitan tari: Jenis  karawitan yang khusus dipergunakan untuk mengiringi tari, baik dalam hal struktur penyajian maupun garapnya. Contoh: Ladrang Ayun-ayun Laras Pelog patet Nem untuk mengiringi tari Golek Ayun-ayun. Gending Lambangsari Laras Slendro patet Manyura untuk mengiringi tari Golek Lambangsari. Gending Pandelori Laras Pelog patet Barang untuk mengiringi tari Srimpi Pandelori, dan sebagainya masih banyak lagi.
Karawitan wayang, selanjutnya disebut karawitan wayang: Jenis karawitan yang khusus dipergunakan untuk mengiringi wayang (purwa). Contoh: Gending Karawitan Laras Slendro patet Nem untuk mengiringi jejer pertama. Ayak-ayak Slendro patet Sanga untuk mengiringi adegan gara-gara.
Karawitan iringan ketoprak, selanjutnya disebut karawitan ketoprak: Jenis karawitan yang khusus dipergunakan untuk mengiringi drama ketoprak tradisi. Dalam karawitan ketoprak, gending-gending yang dipergunakan lebih dikenal dengan istilah gagahan, alusan, gandrungan, perangan, dan sedih. Contoh: Ladrang Sigramangsah Laras Slendro patet Manyura (gagahan), Ladrang Jati Kumara Laras Slendro patet Manyura (alusan)
c.         Karawitan Pakurmatan      :       Sekaten, Kodhok Ngorek, Carabalen, dan  Monggang
       Karawitan pakurmatan menggunakan perangkat gamelan pakurmatan, meliputi gamelan Sekaten, gamelan Kodhok Ngorek, gamelan Carabalen, dan gamelan Monggang
d.        Karawitan Komposisi   :    lama, baru
PERTEMUAN III:  INSTRUMEN DALAM KARAWITAN
 (GAMELAN JAWA)

 
 




1.            Kendang (ageng, batangan, ketipung)
2.            Rebab (ponthang, byur)
3.            Gender Barung (slendro, pelog bem, pelog barang)
4.            Gender Penerus (idem)
5.            Slenthem/gender penembung (slendro, pelog)
6.            Gambang (slendro, pelog bem, pelog barang)
7.            Bonang panembung (slendro, pelog)
8.            Bonang barung (idem)
9.            Bonang penerus (idem)
10.        Kethuk (slendro/laras 2, pelog/laras 2)
11.        Kenong (slendro, pelog)
12.        Demung (slendro, pelog)
13.        Saron (idem)
14.        Peking (idem)
15.        Kempul (slendro, pelog)
16.        Gong suwukan (laras jangga/2, laras barang/1, laras nem/6)
17.        Gong ageng (laras 5)
18.         Siter (slendro, pelog)
19.        Suling (idem)
20.        Keprak



PERTEMUAN IV:  ELEMEN DALAM KARAWITAN

 
 



1.    Irama
Pengertian. Irama (arti umum) adalah:  Ukuran waktu/tempo, panjang-pendek, tinggi rendah suara (bunyi) secara teratur, gerakan yang teratur dan berurutan. Arti khusus: Pelebaran dan penyempitan gatra dalam lagu/gending karawitan. Irama dikendalikan oleh instrument pamurba irama (kendang, bonang/dlm Sekaten) sesuai kebutuhan. Dalam irama terdapat laya (tamban, sedheng, seseg)

Macam-macam irama.
a.    Irama lancar                :    satu nada balungan (nada pokok) ditabuh/ dimainkan oleh saron penerus (peking) sebanyak 1 kali.
     Contoh :
     Nada balungan :                2                      3                    2                    1
     Peking               :                2                       3                    2                    1

b.    Irama I (tanggung)     :    satu nada balungan (nada pokok) ditabuh/ dimainkan oleh saron penerus (peking) sebanyak 2 kali.
         Contoh :
     Nada balungan :                  2                    3                    2                    1
     Peking               :           2      2            3      3            2      2            1      1
                                   
c.    Irama II (dados)         :    satu nada balungan (nada pokok) ditabuh/ dimainkan oleh saron penerus (peking) sebanyak 4 kali
         Contoh :
         Nada balungan :                  2                    3                    2                    1
     Peking               :      2   2   3      3   2   2   3      3   2   2   1      1   2   2   1   1

d.   Irama III (wiled)        :    satu nada balungan (nada pokok) ditabuh/ dimainkan oleh saron penerus (peking) sebanyak 8 kali
         Contoh :
         Nada balungan :                   2                    3                    2                    1
     Peking               :    2 2 3 3 2 2 3   3 2 2 3 3 2 2 3   3 2 2 1 1 2 2 1   1   2 2 1 1 2 2            1          1

e.    Irama IV (rangkep)     :    satu nada balungan (nada pokok) ditabuh/ dimainkan oleh saron penerus (peking) sebanyak 16 kali
                 Contoh :
                 Nada balungan :                                       2                                         3           
                 Peking               :    2 2 3 3 2 2 3   3 2 2 3 3 2 2 3   3 2 2 3 3 2 2 3   3 2 2 3 3 2 2 3            3

                 Nada balungan :                                       2                                         1
                 Peking               :    2 2 1 1 2 2 1   1   2 2 1 1 2 2   1 1 2 2 1 1 2 2   1 1   2 2 1 1 2            2          1          1

2.    Lagu
Pengetian. Lagu adalah susunan nada2 yang diatur sedemikian rupa sehingga apabila dibunyikan, enak didengar. Lagu yang telah berbentuk disebut gending, misalnya: gending bentuk Lancaran/Bubaran, Ketawang, Ladrang, Ketawang Gending/Lahela, Kethuk 2 kerep (Candra/ Sarayuda), Kethuk 4 kerep (Jangga/Semang), Kethuk 8 kerep (Mawur).





PERTEMUAN V:  TUGAS MASING2 RICIKAN PADA
BAGIAN LAGU

 
 



1.   Rebab : disebut Pamurba Lagu
      - Menentukan Lagu
      - Buka untuk gending2 rebab
2.      Gender Barung/Gender Gedhe : disebut Pemangku Lagu
      - Memperindah lagu dengan segenap cengkoknya
- Buka untuk gending2 gender
      - Buka untuk gending2 tertentu, di samping bonang barung
3.      Bonang Barung/Bonang Gedhe :             disebut Pemangku Lagu
      - Memperindah lagu dengan segenap cengkoknya
      - Buka untuk Gending2 bonang
      - Buka untuk Gending2 lancaran
4.  Gambang : disebut Pemangku Lagu
      - Memperindah lagu dengan segenap cengkoknya
      - Buka untuk gending2 gambang
5.      Clempung, gender penerus, bonang penerus : disebut pula Pemangku Lagu, tugasnya menghias lagu
6.      Slentem, demung, saron, sbg pembentuk lagu balungan (lagu dasar)
7.      Peking/saron penerus, disebut jg Pemangku Lagu, petunjuk terhadap adanya irama

PERTEMUAN VI:  CENGKOK
 
 



1.      Cengkok yang berarti garap
2.      Cengkok yang berarti jumlah gong pada satu gending
Keterangan:
1.      Cengkok/garap: lagu vokal maupun instrumental yang bersifat permanen
a.       Contoh  : Cengkok Ayu Kuning
b.      Dalam cengkok terdapat wiledan
2.      Cengkok/jumlah gong : ragam lain dalam satu bentuk lagu/gending



PERTEMUAN VII:  UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
 


PERTEMUAN VIII:  PAMURBA DAN PEMANGKU
 
 







1.      Pamurba dalam konteks karawitan disebut penguasa/pemimpin, berperan penuh/primer terhadap sajian gending dalam hal irama maupun lagu.
2.      Pemangku dalam konteks karawitan disebut sebagai pembantu/sekunder, berperan melaksanakan kehendak pamurba (irama/lagu) dengan ketentuan yang berlaku pada masing2 instrumen

PERTEMUAN IX:  PENGARUH IRAMA TERHADAP LAGU
 
 



1.      Dapat berpengaruh terhadap pola/struktur lagu. Misalnya Ladrang Pangkur (irama 1 dan 2 terhadap irama 3), bentuk2 inggah/dhawah lainnya
2.      Tdak berpengaruh terhadap lagu, karena memiliki lagu spesifik
3.      Lagu hanya dapat dimainkan pada irama tertentu saja.




PERTEMUAN IX:  GENDING
 
 



1.      Pengertian Gending : Lagu yang diatur menuju sebuah bentuk
2.      Istilah Gending (Gaya Yk.) untuk menyebut semua bentuk gending
3.      Istilah Gending (Gaya Ska.) untuk menyebut bentuk gending Ketuk kalih kerep ke atas
4.      Gending dengan struktur di bawahnya, memiliki istilah tersendiri





-
Gaya Surakarta
1.            -
2.            Sampak
3.            Srepeg
4.            Ayak-ayakan
5.            Kumuda
6.            Lancaran
7.            -
8.            Ketawang
9.            Ladrang
10.        Ketawang Gending
11.        Ketuk 2 kerep

12.        Ketuk 2 arang
13.        Ketuk 4 kerep

14.        Ketuk 4 arang

15.        Ketuk 8 kerep

 


Gaya Yogyakarta
1.            Gangsaran
2.            Sampak
3.            Playon
4.            Ayak-ayak
5.            Srepeg
6.            Lancaran
7.            Bubaran
8.            Ketawang
9.            Ladrang
10.        Lahela
11.        Candra (Slendro)
Sarayuda (Pelog)
12.        -
13.        Jongga Alit (Slendro)
Semang Alit (Pelog)
14.        Jongga Ageng (slendro)
Semang Ageng (Pelog)
15.    Mawur (Slendro dan Pelog
 
 

















  1. Gangsaran

          . nnnn. p. nn.    p. n. p. n.)    . nnnn. p. nnnn.    p. n. p. n.)
          . nnnn. p. nnnn.    p. n. p. n.)    . nnnn. p. nnnn.    p. n. p. ng.
  1. Sampak

          n. np. n. np.    n. np. n. np.     n. np. n. np.    n. np. n. np.
          . np. n. np.    n. np. n. np.)
  1. Srepeg

          =. . =. pn.    =. . =. pn.     =. . =. .    =. . =. pn.
  1. Ayak-ayak

          . =. . n.    . =. . pn.     . =. . n.    . =. . pn.
  1. Kumuda

          =. . =. n.    =. . =. pn.       =. . =. n.    =. . =. pn.



6.            Lancaran
7.            Bubaran
8.            Ketawang
9.            Ladrang
10.        Ketawang Gending/ Lahela
11.        Gending Ketuk 2 kerep
12.        Gending bentuk Candra dan Sarayuda
13.        Gending Ketuk 2 arang
14.        Gending Ketuk 4 kerep
15.        Gending Ketuk 4 arang
16.        Gending bentuk Jongga dan Semang
17.        Gending Ketuk 8
18.        Gending bentuk Mawur







PERTEMUAN IX:  KOMPOSISI GENDING TRADISI
 
 



Yang dimaksud dengan gending tradisi adalah struktur gending ketuk 2 kerep (Candra/Sarayuda hingga Ketuk 8/Mawur)

1.      Gaya Surakarta     :  Buka, tanggung, merong, ngelik, umpak. Umpak                               inggah, umpak2an, inggah, sesegan,suwukan, dados, dawah, kalajengaken, kaseling
2.      Gaya Yogyakarta  : Buka, lamba, dados, pangkat dhawah, dhawah, sesegan, suwuk

No comments:

Post a Comment